Kaktus

Author Topic: Kaktus  (Read 6235 times)

0 Halaqian and 1 Guest are viewing this topic.

zaitihamdan

  • *
  • Posts: 561
  • Suffering from TRUTH decay?Brush up on your Quran!
    • View Profile
29 May, 2007, 01:24:44 PM
  • Publish Di FB


  • Yesterday i passed through the same corridor that leads to the control room's pathway. Along the way, you can see window aisles portruded customarily out of the engineer's rooms. Some took the initiative to decorate their little window corners, but some could'nt care less. There's one aisle that is decorated by a huge cactus, and i am pretty sure that it is a rare species. It is beautiful with bright orange tiny seedlings.

    Cactus are known to be resilient, tough vegetation. That's why it can survive the scorching desert. With its long root, cactus thrives by finding its own source of water buried deep underground. Alone in the desert, cactus stood unmoved by sandstorms that often change the dunes and shape the valleys.

    Today, the cactus looks different. Brownish, sickly parts are visible. The plant seems to be dying, and it is withering away. No ornamental seedlings grow, and the soil seems to be dry. I realized that the owner(engineer or supervisor maybe?) that owns the
    cactus has been away for almost 3 weeks now. It appears to be an official urgency, i guess.

    The poor cactus made me think. A plant, that in its natural settings should be able to withstand isolation, is now withering away in a solitary pot of an absent owner. Being left alone and forgotten, this cactus will eventually die. Should the owner be thoughtful enough, he or she can always ask for other's help to attend the cactus, at least to water it once a week.

    Looking back, even the toughest of all beings, would need care and attention to live its purpose. Being forgotten is painful, as you are left to wonder which way to go next. Spirits are hard to break, true, but there will be a breaking point, when we will set
    everything aside just for an attention and care... Wealth, health, and everything else are next to nothing, if nobody cares about you..

    So, start caring for the people who cares about you, and never assume that he will always be well and fine..maybe someday, you'll be left gathering pieces of memories of that person, and that'll be the day you reminisce this story about the cactus, and wish you could have done something about it :)

    dzul the great@0006hrs/130507

    sumber : forwarded email
    « Last Edit: 20 October, 2009, 10:14:34 AM by Ummi Munaliza »
    I believe in Islam like the sun rising, not because I can see it, but because by it I see everything else.

    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #1 20 October, 2009, 10:22:40 AM
  • Publish Di FB

  • Bentuknya unik beraneka ragam. Duri, menjadi ciri utamanya. Tumbuhan ini paling tahan dengan situasi kering di gurun pasir. Siapa dia? Tentu saja kaktus.


    Kata ‘kaktus’ berasal dari bahasa Yunani “kaktos” yang berarti tanaman berduri. Durinya tajam-tajam. Hei, sebenarnya koq kaktus punya banyak duri sih? Dan, mengapa tanaman ini tidak memiliki daun?

    Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Ada lebih dari 2000 jenis kaktus ada di belahan bumi. Mereka bisa tumbuh subur di lahan tandus dan kekurangan air. Ini lah hal unik dari kaktus.

    Sebenarnya, kaktus memiliki daun. Namun, daun tersebut berubah menjadi bentuk duri, sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Kamu pasti tau kan, semakin lebar permukaan daun suatu tanaman, maka semakin banyak jumlah air yang menguap setiap saat.

    Analoginya seperti ini : Kalau kita lagi kepedasan, trus mau minum. Eh, ternyata air minumnya masih sangat panas. Ambil saja mangkuk/ piring, lalu tuangkan air minum yang panas tersebut. Tunggu selama beberapa menit, air pun langsung menurun suhunya, karena laju pendinginan jadi lebih cepat karena area pendinginan lebih luas. Udara luar lebih banyak bersentuhan dengan air dalam piring daripada air dalam gelas karena bidang tekan lebih besar. Nah, kaktus juga menggunakan prinsip seperti itu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.

    Kemudian, batang kaktus juga dilapisis jaringan lilin yang dapat mengurangi penguapan. Jaringan ini mampu menyimpan air dan tahan terhadap kekeringan sekalipun. Namun, yang namanya mahluk hidup tentu saja butuh air. Kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Makanya, di gurun-gurun, kaktus memiliki akar yang sangat panjang bermeter-meter ke dalam pusat bumi untuk mencari sumber air.


    Lalu, muncul pertanyaan : mengapa kaktus yang kita tanam di pot kecil tidak berakar panjang? Jelas saja karena kita sudah memberikan keperluan air tersebut dengan menyiraminya secara teratur. Tetapi perlu diingat, bahwa air yang kita siramkan kepada kaktus ber-pH normal, tidak mengandung garam atau asam, boleh menyebabkan akar menjadi busuk juga.

    Nah, sekarang sudah  tahu kan, mengapa kaktus boleh bertahan pada situasi kering? Tanaman dan haiwan memang memiliki banyak cara dalam beradaptasi dengan persekitaran. Adaptasi ini diperlukan untuk apa? Tentu saja untuk tetap bertahan hidup. Manusia juga demikian, bukan?

    Mampukah manusia bertahan hidup seperti kaktus juga? Menyesuaikan diri dengan persekitaran yang penuh getir dan ujian? Adaptasikan lah cara kaktus mencari air dan makanan agar terus hidup di padang pasir yang kontang dan gersang.
    Pengurusan, Pentadbiran Forum Halaqahnet.
    Penal Utama Baitul Muslim


    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #2 20 October, 2009, 10:26:41 AM
  • Publish Di FB

  • Keindahan Kaktus


    Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #3 20 October, 2009, 10:27:52 AM
  • Publish Di FB


  • Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae.
    Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.





    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #4 20 October, 2009, 10:32:42 AM
  • Publish Di FB


  • Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae.
    Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.



    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #5 20 October, 2009, 10:34:50 AM
  • Publish Di FB


  • Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae.
    Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.



    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #6 20 October, 2009, 10:36:06 AM
  • Publish Di FB


  • Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae.
    Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.



    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #7 20 October, 2009, 10:43:03 AM
  • Publish Di FB

  • Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air melalui daun.
    Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.




    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #8 20 October, 2009, 11:33:34 AM
  • Publish Di FB





  • Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air melalui daun.
    Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #9 20 October, 2009, 11:34:50 AM
  • Publish Di FB



  • Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air melalui daun.
    Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

    Ummi Munaliza

    • *
    • Posts: 14528
    • Anniversary Ke 30
      • View Profile
    Jawab #10 20 October, 2009, 11:36:50 AM
  • Publish Di FB



  • Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air melalui daun.
    Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

    dba

    • *
    • Posts: 207
    • its hard but everything going to be fine
      • View Profile
    Jawab #11 23 November, 2009, 01:40:33 AM
  • Publish Di FB
  • walaupun kaktus tu bnyak duri,merbahayakn tp dy ttp kluarkn bunga yg sgt cntik

    kayu manis

    • *
    • Posts: 13
    • Islam Sinar Hidupku...
      • View Profile
    Jawab #12 26 November, 2009, 10:55:07 PM
  • Publish Di FB
  • Ssubhanallah Maha Suci Allah ..kaktus saja pun ada bermacam spesis .
    cantik pulak bunga dia.
    Perkataan yang cantik "Allah S.W.T"
    Lagu yang merdu "Azan"
    Novel yang menarik "Al-Quran"
    Senaman yang baik "Sembahyang"
    Diet yang mujarab "Puasa"

    Asmanurhusna

    • *
    • Posts: 112
      • View Profile
    Jawab #13 26 November, 2009, 11:05:01 PM
  • Publish Di FB
  • pernah kena duri kektus. bisa.
    kalau nak salin bekas kena pakai glove getah dan kena guna gunting kecil utk pindah bekas.

    adisg2

    • *
    • Posts: 28
    • Any Given Time 2 Look Into My Eyes
      • View Profile
    Jawab #14 26 November, 2009, 11:07:13 PM
  • Publish Di FB
  • selalu kita lihat klu pokok yg sama akan keluarkan bunga yang sama tapi lain bagi kaktus .. pokok yang sama tapi bungan yg berbeda bentuknya

    taat

    • *
    • Posts: 27
    • ..................(^_~).........
      • View Profile
    Jawab #15 27 November, 2009, 09:06:32 AM
  • Publish Di FB
  • subhanallah.....
    indahnya ciptaan tuhan.......

    dya adriza

    • *
    • Posts: 424
      • View Profile
    Jawab #16 27 November, 2009, 09:17:33 AM
  • Publish Di FB
  • Subhanallah...
    Ciptaan Allah tiada cacat celanya....
    ana suka sangat kaktus...
    walau berduri, tapi ada keistimewaannya sendiri..........

    Ahnaf Fawwaz

    • *
    • Posts: 4
      • View Profile
    Jawab #17 28 November, 2009, 09:58:17 PM
  • Publish Di FB
  • Maha Suci Allahh..
    Kaktus yang dicipta bermacam2 jenis seronok tengokk...
    Penah pelihara pokok kaktus...tapi mati terlebih air...:senyum:..
    Jadi lembik...

    nnurr

    • *
    • Posts: 71
    • حسبي الله ونعم الوكيل
      • View Profile
    Jawab #18 10 December, 2009, 11:54:15 PM
  • Publish Di FB
  • Subhanallah...
    SUBHANALLAH... baru jumpa bahagian ni... cantiknya... teruja nnurr tengok...
    ummi, cantikla si orkid-orkid tu. oh,Ummi pun cantik jugak... Subhanallah...
    "Menyingkap sesuatu yang tersembunyi disebalik kesibukan manusia menyusun perancangan,
    kadang2 kita perlu menoleh seketika utk mencari nilai makna pengorbanan hakiki(pengorbanan pd agama).."

    fahami

    • *
    • Posts: 16
      • View Profile
    Jawab #19 27 January, 2010, 02:03:24 AM
  • Publish Di FB
  • MasyaAllah.. Maha kuasaMu Ya Allah
    jagalah hati. jangan di kotori

    divider3
    halaqahforum4